Search This Blog

Wednesday 17 October 2012

Pembenihan & Pembesaran Lele


Pembenihan & Pembesaran Lele milik Bapak Edi Martanto merupakan salah seorang petani ikan lele di kelurahan Sogaten, Manguharjo, Madiun. Ia telah lama melakukan budidaya pembenihan dan pembesaran lele, namun keuntungan yang diharapkan belum memuaskan, oleh sebab itu ketika dirinya menemukan produk Nasa yakni POC NASA dan TON, ia langsung mencobanya pada pembenihan dan pembesaran ikan lele. Dan hasilnya luar biasa, karena dengan produk NASA banyak keuntugan yang ia dapatkan.
Pada kolam pembenihan diberikan TON untuk menumbuhkan Plankton dan menjaga kestabilan air. Selain itu POC NASA juga saya gunakan untuk pencampuran pakan dengan cara disemprot serta diaduk secara merata supaya lebih meresap, dosisnya 1 cc/kg pakan. Hasilnya ternyata bibit lele siap panen (ukuran 3 cm) yang biasanya paling cepat 30 hari namun sekarang menjadi hanya berkisar antara 22 – 23 hari saja dengan tingkat kematian yang lebih rendah.
Selanjutnya benih lele saya pindahkan ke kolam pembesaran. Namun sebelumnya pada kolam pembesaran dilakukan pembersihan air, pengangkatan Lumpur hitam dan pengeringan kolam untuk menghilangkan racun dan segala hal yang dapat merugikan lele di kolam. Selanjutnya saya berikan TON dosis + 1 sendok makan per tangki yang sebelumnya sudah saya encerkan diluar sebelum saya masukkan tangki, karena TON bentuknya padat, kemudian saya semprotkan ke dasar kolam serta tepian kolam, baru kolam diberi air dan bibit dimasukkan. Ternyata beberapa hari kemudian warna air kolam nampak hijau cerah pertanda banyak terbentuk pakan alami bagi lele ini, berarti air kolam bagus, “imbuhnya. Selanjutnya salama pembesaran saya lakukan juaga terapi air dengan TON dosis 1 sendok makan dilarutkan dalam 10 liter air kemudian dipercikan merata pada air kolam.
Seperti halnya di pembibitan, di kolam pembesaran pakan yang diberikan terlebih dahulu saya campur POC NASA dengan dosis 2 cc/kg pakan (sebenarnya Viterna lebih bagus,Red). Hasilnya ketika pakan saya berikan ikan lele nampak begitu rakus. Tambahan lagi setelah menggunakan TON dan POC NASA ikan-ikan lebih aktif untuk mengkonsumsi pakan jauh berbeda dibandingkan debelum saya menggunakan produk dari NASA ini.
“Sebelum saya menggunakan produk PT. NASA biasanya panen pada usia 74 hari dengan ukuran untuk 1 Kg berisi 11 ekor lele. Namun setelah saya menggunakan produk PT. NASA usia penen lebih cepat menjadi 57 hari dengan ukuran 1 Kg-nya berisi 6 – 8 ekor. Saya mendapat banyak keuntungan dengan hal ini. Sungguh laur bisa produk dari PT. NASA ini”,ucap Bapak edi dengan gembira.
Kemudian ia menambahkan,” sehingga saya bisa mengambil kesimpulan keuntungan dengan menggunakan POC NASA dan TON yakni : mempercepat waktu panen, memperbesar ukuran lele, meningkatkan kualitas lele (artinya daging lele lebih padat dan keras), lemak lebih sedikit, kalau dimasak tidak menyusut dan kepala ikan lebih kecil tetapi badan lebih besar serta mengurangi tingkat kematian”
”Banyak sekali keuntungan yang saya peroleh dengan menggunakan produk POC NASA dan TON. Siapa yang mau ikut.....
Coba saja pakai POC NASA dan TON, pasti panen anda akan lebih melimpah”, kata Bapak Edi mengakhiri wawancaranya dengan Team Liputan NASA

No comments:

Post a Comment