Search This Blog

Monday 15 October 2012

Lele bebas jamur dan penyakit


Lele bebas jamur dan penyakit, Pengalaman saya sudah lebih dari satu tahun melakukan budidaya pembenihan dan pembesaran ikan lele. Kolam pembesaran lele seluas 40 m2. ketika umur benih lele mencapai 15 hari biasanya benih lele gampang sekali kena penyakit seperti jamuran dan penyakit lainnya, sehingga secara ekonomis saya merugi karena benih lele banyak yang mati. Untuk menanggulani permasalahan itu, maka saya mencoba menggunakan produk TON dan POC NASA untuk memberi nutrisi dan pakan tambahan bagi pembenihan dan pembesaran lele. Ternyata TON  dan POC NASA mampu memberikan pakan alami yang sangat diperlukan bagi benih ikan lele.
Cara pemberian TON yang saya lakukan yakni dengan dosis 3 sendok makan ditaburkan ke kolam setiap 10 hari sekali. Pemberian POC NASA dengan dosis 10 cc dicampurkan dengan pelet ikan sebanyak 3 kg setiap selang satu hari.
Dengan pemberian TON dan POC NASA, kini ikan lele sehat, tingkat kehidupannyapun sangat bagus, tidak mudah terkena penyakit dan hampir tidak ada yang mati. Sampai dengan menginjak umur 15 hari benih lele ini sudah mencapai ukuran 4 cm. dan biasanya benih lele ini akan dipanen saat umur 4 minggu.
Selain itu pemberian TON dan POC NASA dapat pula menghemat dalam penggunaan pupuk kandang yang biasanya untuk luas 40 m2 ini menghabiskan 44 karung, setelah menggunakan TON dan POC NASA hanya 15 karung saja. Jika setiap karung harganya Rp.1.500,- saja, maka ada penghematan sekitar Rp. 45.000,-. Dengan penggunaan TON dan POC NASA bisa mencapai 3 kali panen. Jadi penghematan Rp.45.000,- x 3 = Rp. 135.000,- itu juga belum termasuk biaya angkut pupuk kandang ke lahan. TON dan POC NASA sangat membantu untuk pembenihan dan pembesaran ikan lele kami, selain itu juga dapat menghemat biaya.
Petani Lele: Wisnu (Cangkringan, Sleman-Jogjakarta)

No comments:

Post a Comment