Search This Blog

Friday 7 March 2014

Kenali Sayuran dengan Kandungan Pestisida Tertinggi



BUAH dan sayuran semestinya memberi efek baik bagi tubuh. Tapi apa yang terjadi jika kudapan menyehatkan itu mengandung pestisida yang dapat merusak fungsi organ dalam tubuh?


Organisasi nirlaba Environmental Working Group (EWG) yang berpusat di Washington DC, Amerika Serikat, baru-baru ini merilis daftar buah dan sayuran yang paling banyak terpapar pestisida. Daftar ini termasuk dalam agenda 2012 Shoppers Guide yang dirilis Selasa (19/6) lalu.


Para kesehatan dari EWG Johanna Congleton memaparkan, dari keseluruhan buah dan sayur yang mereka uji di laboratorium, 68% tercatat mengandung pestisida. Kandungan pestisida bahkan tetap melekat setelah dicuci atau dikupas kulitnya.
Berbagai jenis pestisida yang digunakan terbukti berpotensi sebagai karsinogen atau dapat menyebabkan kanker, mengganggu produksi hormon endokrin, serta dapat mengganggu kemampuan belajar dan perkembangan anak.
Apa saja buah dan sayur yang diketahui memiliki banyak kandungan pestisida? Berikut ini daftar yang disusun EWG, seperti dikutip dari Huffington Post, Selasa.
1. Apel : dari keseluruhan buah apel yang diuji coba di laboratorium, 98 persennya mengandung pestisida.
2. Seledri : 96% mengandung pestisida.
3. Paprika : satu buah paprika mengandung 15 jenis pestisida. Secara keseluruhan, 88% paprika yang diteliti terbukti mengandung pestisida.
4. Buah persik (peach) : 85% mengandung pestisida dengan total 57 jenis bahan kimia.
5. Strawberry : satu buah strawberry mengandung sekurang-kurangnya 13 jenis pestisida.
6. Nectarine (sejenis buah persik) : buah nectarine tercatat memiliki kandungan pestisida paling berat dari buah dan sayuran lain daftar ini, walau persentase buah yang terpapar pestisida hanya berada di posisi nomor enam.
7. Anggur : mengandung 15 jenis pestisida dalam satu butirnya.
8. Bayam : dalam daftar EWG tahun lalu, bayam berada di posisi nomor lima, kini merosot ke posisi delapan. Namun bukan berarti bahaya kandungan pestisida di dalamnya sudah tidak perlu dikuatirkan lagi.
9. Selada : terdapat total 78 jenis pestisida yang berbeda dalam satu buah selada.
10. Mentimun : dari seluruh sampel mentimun, terdapat total 81 jenis pestisida.

No comments:

Post a Comment