Search This Blog

Thursday 19 September 2013

Kelinci Dan Ciri Ciri Khususnya

Hewan Kelinci digolongkan ke dalam kelompok binatang mamalia. Hewan ini masuk ke dalam kerabat Leporidae dan kadang diidentikkan dengan arnab. Binatang cantik dengan bulu ini sangat populer dijadikan hewan peliharaan rumah maupun ternak. Selain diambil bulunya, daging dari hewan kelinci juga ternyata nikmat dan istimewanya rendah lemak kayak protein.

Di Indonesia, daging dari kelinci memang belum populer. Tapi di luar negeri, daging kelinci telah menjadi bagian dari Industri kuliner yang cukup besar terutama di Eropa. Meski populer, banyak dari kita yang tak bisa membedakan kelinci dan binatang lain misalnya pika. Dan tak jarang pula orang yang beranggapan tikus satu kerabat dengan kelinci. Hal tersebut sepenuhnya salah. Meski ciri-ciri kelinci hampir sama dengan pika juga tikus, tapi kelinci berasal dari kerabat yang berbeda.

Ciri Kelinci Dari Tampilan Fisik

Jika dipandang dari tampilan fisik, ciri-ciri kelinci secara umum adalah sebagai berikut:
- Kelinci adalah binatang mamalia sehingga ia memiliki kelenjar susu. Secara kasat mata, kelenjar susu tersebut ditandai dengan adanya putting pada bagian perut kelinci.
- Kelinci betina memiliki sepasang uterus sehigga ia bisa memiliki anak lebih dari satu atau biasa disebut multiple impregnations.
- Kelinci sendiri digolongkan sebagai binatang berusus satu.
- kelinci merupakan binatang dengan pola konsumsi herbiovora. Ia menyenangi makanan seperti rumput, sayuran, buah-buahan dan juga bebeijian.
- Adapun siklus reproduksinya dalam setahun bisa 5 kali melahirkan.
- Bayi kelinci yang baru saja lahir hanya mengandalkan makanan dari ibunya.
- Kelinci siap lagi untuk dibuahi seminggu setelah melahirkan
- Kelinci memiliki gigi yang tumbuh secara terus menerus seumur hidupnya.
- Kelinci memiliki karakter alamiah yakni siaga.
- Seluruh tubuhnya dilapisi dengan bulu. Pada beberapa ras, bulu tersebut tumbuh secara terus menerus.

No comments:

Post a Comment